Diet Sehat – 7 Kesalahan saat Berdiet


Salah satu cara menurunkan berat badan adalah dengan ber diet sehat. Namun, banyak sekali yang mengalami kegagalan ketika melaksanakan program diet yang telah disusun. Berikut ini kesalahan yang harus dihindari selama program penurunan berat badan.

Mengatur pola makan memang harus dilakukan, terutama bagi yang menjalankan program penurunan berat badan atau penurunan lemak. Namun, jika tidak dilakukan dengan cara yang tepat, alih-alih berhasil, sebaliknya waktu, materi, dan emosi terkuras sia-sia. Berikut ini beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat berdiet.

1.    HASIL INSTANT

Biasanya ketika melakukan program diet, terbayang hasil ideal yang akan dicapai. Padahal diet ini merupakan salah satu proses yang membutuhkan waktu. Hasilnya hanya dapat dilihat dalam jangka panjang. Itu pun harus disertai dengan komitmen dan kerja keras.

2.    MENGUBAH POLA MAKAN

Untuk mendapatkan hasil diet yang maksimal, biasanya dilakukan perubahan pola makan secara ekstrem. Misalnya, mengurangi jumlah kalori secara drastis. Mengubah dari kebiasaan makan nasi menjadi umbi-umbian saja. Atau, mengubah makan yang biasanya tiga kali dalam sehari menjadi hanya sekali sehari. Menurut Prof. Dr. Bambang Wirjatmadi MS MCN Phd SpGK, ahli gizi dari RS Husada Utama, diet yang seperti ini hanya akan membebani tubuh. Bambang menjelaskan, diet yang benar tidak dengan mengubah kebiasaan makan, tetapi hanya cukup mengubah porsi secara perlahan.

3.    MELEWATKAN SARAPAN

Kesalahan lainnya adalah meninggalkan sarapan. Hal ini sangat fatal. Dengan melewatkan sarapan, artinya Anda sudah memberikan kesempatan kepada lambung untuk kosong lebih lama. Sehingga ketika Anda makan siang, rapa lapar yang tidak tertahankan akan membuat Anda ingin mengisi lambung sebanyak mungkin. Dengan sarapan nutrisi seimbang, lengkap dengan karbohidrat, protein dan lemak sehat, seperti yang terdapat pada sereal gandum atau yogurt, maka Anda dapat menurunkan berat badan dari pada Anda tidak sarapan.

4.    ENGGAN OLAHRAGA

Olahraga merupakan penunjang dari diet sehat yang dilakukan. Maka, mau tidak mau harus tetap melakukannya. Pilih olahraga berjenis cardio untuk membantu membakar lemak Anda. Seperti bersepeda, jogging, badminton, renang, futsal, basket, dan sejenisnya.

Diet Alami

5.    JALAN PINTAS

Banyak orang yang memilih jalan pintas dengan menggunakan obat-obatan, suplemen, atau bahkan sedot lemak untuk menurunkan berat badannya dengan instan. Ingat kembalo bahwa selama metabolisme tubuh Anda belum berada dijalur yang benar, semua metode itu tidak akan memberikan hasil yang optimal. Untuk itu, perbaiki dulu metabolisme tubuh Anda dengan cara berolahraga dan menjaga pola makan.

6.    SALAD UNTUK DIET

Memperbanyak serat dengan mengkonsumsi salad memang baik. Namun, hati-hati memilih salad. Hindari membuat salad dengan memasukkan banyak makanan berlemak dan berkalori tinggi saat membuatnya.

7.    PRODUK RENDAH LEMAK

Salah satu penunjang diet biasanya menggunakan produk-produk rendah lemak. Namun, perlu Anda pahami, jika ada produk makanan bertuliskan “rendah lemak” bukan berarti produk tersebut rendah kalori.