Tips Memilih Jilbab Agar Tetap Sesuai Syar’i


Jilbab saat ini sudah menjadi trendsetter, secara harfiah sebenarnya jilbab memiliki fungsi utama yaitu untuk menutup aurat sehingga kebutuhannya bisa dibilang adalah pokok untuk kaum muslimah. Kebutuhan yang mendasar ini bukan lagi berdasarkan perintah atau keinginan manusia melainkan sudah menjadi perintah dari Allah sehingga jilbab menjadi kebutuhan yang sangat vital.

Banyak sekali trend busana muslim yang memperlihatkan jilbabnya masih belum menyentuh kata syar’i hal ini dikarenakan orang kebanyakan terlalu berlebihan ketika menterjemahkan sebuah fashion. Padahal fashion yang sesungguhnya adalah bisa tampil sederhana namun tetap dalam etika dan kesopanan.

Kali ini kami akan membagikan tips pada anda bagaimana memilih jilbab agar tetap sesuai syar’i

1. Pilihlah jilbab dari kain yang tidak tipis atau transparan sehingga bagian tubuh anda tidak akan terlihat terutama di bagian leher dan kepala. kemudian untuk tetap tampil cantik namun tidak bertentangan dengan syari pilihlah warna sederhana seperti hitam, biru keabu-abuan atau warna lain yang tidak terlalu mencolok. Karena apabila menggunakan warna yang mencolok bisa saja mengundang mata yang bukan muhrim untuk melihat dan menimbulkan sesuatu hal buruk.

2. Pilihalah jilbab dengan uraian yang panjang hingga menutup bagian dada, dan sebaiknya gunakan juga baju yang sesuai jangan menonjolkan bagian-bagian tubuh karena itu sangat tidak dianjurkan.

3. Carilah toko muslim yang penjualanya adalah orang muslim, ini biasanya akan lebih mudah dan mengerti apa yang kita butuhkan sebenarnya karena mereka pasti faham akan hal itu, yakni bagimana menutup aurat yang benar dan syar’i.

Sebenarnya masih ada tips-tips yang lain, namun anda bisa mencoba ketiga tisp itu dulu karena dengan seperti itu saja anda sudah bisa mendapatkan gambaran jelas seperti apa sebenarnya jilbab syar’i. Apalah gunanya jika kita menggunakan jilbab tetapi tidak syar’i, menggunakan jilbab bagi muslimah bukanlah trend, atau gaya hidup saja melainkan kewajiban.

Anda juga bisa melihat ulasan jilbab syar’i dalam video berikut